Belajar Bahasa Arab Online Gratis Terbaik untuk Pemula

Bahasa Arab merupakan salah satu dari 3 bahasa Dunia. Bahasa Arab tidak hanya diminati oleh para Santri, akan tetapi banyak orang-orang diluar Pondok Pesantren yang mulai tertarik untuk belajar Bahasa Arab.

Artikel ini akan membantu kamu untuk mempelajari Bahasa Arab secara Online dan Gratis dengan mudah dan cepat serta memahami Bahasa Arab dasar dan menghafal beberapa kosa kata Bahasa Arab sehari-hari yang dapat digunakan oleh Pemula untuk berbicara Bahasa Arab.

Artikel ini dibuat atas pengalaman pribadi selama 7 tahun menjadi guru Bahasa Arab. Dalam artikel ini juga akan disertakan beberapa artikel lanjutan untuk mempermudah kamu dalam mempelajari Bahasa Arab.

Cara/Metode Belajar Bahasa Arab

Di dalam artikel ini saya akan membagi metode belajar Bahasa Arab menjadi 3 bagian, Yaitu:

  • Membaca (Qira’ah)
  • Menulis (Kitabah)
  • Berbicara (Muhawaroh)

Metode Membaca (Qira’ah)

Membaca adalah salah satu perintah pertama Allah kepada nabi Muhammad.

Dari hal itu saya mengambil kesimpulan bahwa salah satu metode untuk mempelajari sesuatu yaitu dengan membaca.

Belajar Bahasa Arab pun demikian. Entah apapun profesi kamu, agama apapun kamu, maka kamu wajib bisa membaca Tulisan Arab terlebih dahulu sebelum mempelajari Bahasa Arab tersebut.

Beberapa fakta yang saya temukan ketika saya mengajar Bahasa Arab adalah banyaknya orang yang belajar Bahasa Arab akan tetapi tidak lancar dalam membaca Tulisan Arab.

Saya beri contoh. Jika seorang yg ingin belajar Bahasa Arab tersebut beragama Islam. Maka patokan dia bisa membaca Tulisan Arab atau tidak adalah dengan lancar atau tidaknya dia dalam membaca Al Qur’an.

Namun, bagaimana untuk orang yang non-Muslim?

Tentu bagi non-Muslim berlaku hal yang sama. Meskipun, tidak membaca Al Qur’an. Mungkin tetap saya akan anjurkan untuk mempelajari kitab Iqra’.

Kitab Iqra’ adalah sebuah kitab panduan untuk belajar bacaan dalam bahasa Arab. Umumnya mayoritas orang Muslim di Indonesia pernah mempelajari kitab Iqra’ sebelum bisa membaca Al Qur’an.

Jika seorang yang ingin belajar bahasa Arab sudah memiliki kemampuan membaca bacaan dalam Bahasa Arab dengan baik. Maka hal tersebut tentu akan mempermudah dalam belajar Bahasa Arab dan akan bisa melanjutkan ke metode ke 2 yaitu Menulis (Kitabah).

Metode Menulis (Kitabah)

Dalam metode yang pertama. Nanti, tentunya akan ada disisikan hafalan kosa kata (mufradat) dalam Bahasa Arab.

Hafalan tersebut akan dianggap bener bener kuat (dhobit) ketika seorang yg mengahafal tersebut bisa menulis apa yang sudah dia hafal.

Jika belum bisa menulis apa yang dia hafal, maka orang tersebut dianggap lemah hafalannya (dhoif).

Selain menulis dengan ujian hafalan seperti diatas. Seorang yang ingin belajar Bahasa Arab akan diuji dengan menulis teks dalam Bahasa Arab secara dikte (imla’).

Yang metode menulis ini akan dapat memperkuat bacaan dan hafalan Bahasa Arab seseorang.

Metode Berbicara (Muhawarah)

Metode berbicara adalah metode terakhir dalam catatan ini agar seseorang bisa dengan mudah berbicara Bahasa Arab.

Berbicara yang dimaksud pada metode ke 3 ini adalah praktek.

Yang mana dengan melakukan praktek pada metode ke 3 ini akan memberikan penilaian.

Apakah seseorang tersebut sudah bisa berbicara berbahasa Arab atau belum.

Jika tidak melewati metode ke 3 ini maka saya rasa akan sia-sia 2 metode yang sudah dipelajari sebelumnya.

Setelah melewati 3 metode belajar Bahasa Arab diatas. Berikut ini kumpulan beberapa percakapan dalam bahasa Arab sehari-hari untuk pemula.